5 Cara Sederhana Agar Apel Tetap Segar Walau Sudah di Kupas


ImageSource : sajiansedap.grid.id


Buah yang paling enak dimakan kalau lagi waktu kosong, sambil denger lagu, baca buku, ataupun nonton ya apel. Setuju ga sih? Tapi setelah dikupas, jadi coklat terus ga selera lagi untuk makan nya. 

Kenapa setelah dikupas jadi kecoklatan? Sebenarnya perubahan warna ini alami, yang disebabkan oleh reaksi enzimatik karena pengirisan tapi secara otomatis mengubah rasa, gizi bahkan bau. Yuk kita simak cara-cara ini sebelum mengupas buah apel!


Air Garam

ImageSource : Thekitchn.com


Lemon dan kayu manis sering dipakai untuk menghindari kecoklatan potongan-potongan apel. Memang hasil dari menggunakan lemon dan kayu manis pun sangat memuaskan tapi ribet ga sih? Nah, air garam adalah opsi paling gampang dan hasil nya pun setara dengan lemos dan kayu manis. Direndam setelah dikupas tidak mengurangi rasa manis di potongan apel tersebut.

Rendam selama 3-5 menit, dengan ½ sendok garam dilarutkan didalam air dingin. Kemudian bilas lagi dengan air dingin dan tiriskan. Tenang aja kok kalau kadar garam nya pas, apel nya ga bakal asin kok. Selama tidak terlalu lama direndam dan langsung dibilas,ditiriskan rasa apel tidak akan berubah.


Bungkus dengan Plastik



Kalau yang satu ini boleh juga nih! Simpel ga ribet. Setelah dipotong, langsung dimasukkan ke dalam plastik atau dibungkus dengan plastic- wrap. Cara ini lebih efektif untuk buah apel yang dibelah dua. Kenapa pake plastik? Dengan plastik, daging dari apel itu sendiri akan terhindar dari udara sehingga apel tetap segar. Sewaktu membungkus, pastikan apel sudah dibungkus dengan rapat ya!


Karet Gelang

ImageSource : Intisari.grid.id


Cara yang satu ini rada aneh tapi unik dan patut dicoba. Potong buah apel menjadi beberapa bagian, lalu satukan kembali menjadi utuh. Ikat dengan karet gelang sampai seperti belum dipotong. Cocok buat yang mau berangkat pagi-pagi ataupun bepergian.


Menarik ya? Nah kira-kira mana nih yang cocok buat kalian? Selamat mencoba ya!

© 2020 Country Choice.